Apa itu Miqat ?


Bagi umat islam yang berada diluar batas Miqat ini, maka harus mengawali amalan-amalan ihramnya dari miqat-miqat tersebut sesuai dengan miqat yang berada diarah jalannya menuju Mekah. Misalnya, penduduk Kota Madinah dan seluruh negeri diutara Mekah, miqat untuk
mengawali rangkaian amalan ihram ini adalah Dzul-Hulaifah yang sekarang populer dengan nama Bir Ali, dan didirikan disana sebuah masjid yang dikenal dengan nama Masjid Miqat.

Adapun dari bagian selatan atau tenggara Kota Mekah seperti India, Indonesia, Yaman, dll maka Miqat mereka adalah Yalamlam atau tempat yang setentangannya, sehingga bila pesawat telah berada ditentangan Yalamlam, niat ihram segera diniatkan dan pakaian ihram harus sudah dikenakan. Alangkah bagusnya, bila pakaian ihram ini dikenakan sejak di Jakarta bila mendahulukan ziarah ke Kota Mekah sebelum Madinah.

Adapun jamaah yang mendahulukan Kota Madinah, maka miqat mereka adalah miqatnya penduduk Madinah, yaitu Bir Ali, sehingga mereka hanya memakai pakaian ihram di Madinah saja.

Adapun penduduk yang berada dalam batas Miqat, seperti Jedah, atau sekitar Mekah, maka cukup berniat dan memakai pakaian ihram dari tempat kediamannya masing-masing.

Abdullah bin Abbas meriwayatkan:


وقت رسول ال صلى ال عليه وسلم لهل المدينة ذا الحليفة، ولهل الشأم الجحفة، ولهل نجد قرن المنازول، ولهل اليمن يلملم،
فهن لهن، ولمن أتى عليهن من غير أهلهن لمن كمان يريد الحج والعمرة ، فمن كمان دونهن، فمهله من أهله، وكمذاك حتى أهل مكة يهلون منه

Artinya: “Sesungguhnya Nabi shallallahu’alaihi wasallam telah menetapkan miqat Dzulhulaifah bagi warga Madinah, Juhfah bagi warga Syam, Qarnulmanazil bagi warga Najd, dan Yalamlam bagi warga Yaman. Tempat-tempat itu berlaku bagi warga masing-masing tempat itu dan
bagi yang datang ke tempat-tempat itu dari tempat-tempat lain , yang ingin berhaji dan berumrah. Dan orang yang berada di luar tempat-tempat itu berihram dari mana saja tempat ia menetap, sehingga warga Makkah berihram dari Makkah.” (HR Bukhari: 1526, dan Muslim: 1181).



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.