Apa Saja Tips Persiapan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci ?

Tentu sudah jadi hal yang diidam-idamkan oleh kalangan umat islam yang sangat ingin sekali untuk bisa berangkat ke tanah suci, akan tetapi tentu banyak kendala untuk bisa merealisasikan hal itu ada yang memang kendala karena biaya ada juga karena fisik/kesehatan.

Bagi yang sudah bisa tanpa kendala seperti yang disebutkan di atas untuk umroh atau haji, maka agar segala kondisi disiapkan karena tentu hal yang beda nantinya ketika melaksanakan ibadah di tanah suci makkah, di antaranya perbedaan iklim dan suhu cuaca, juga akan ada rangkaian-rangkaian ibadah yang nantinya harus dijalankan sehingga perlunya pembiasaan untuk menjalankan itu semua. Oleh karena itu ada tips-tpis yang perlu disiapkan agar perjalanan ibadah menjadi lebih baik, diantaranya :

1. Membiasakan Diri Untuk Senantiasa Solat Berjamaah di Masjid

Bila sebelumnya solatnya di rumah mulailah dari sekarang untuk membiasakan solat berjamaah di masjid, dan jangan lupa menghadiri majelis-majelis ilmu bisa berkaitan tentang umroh dan haji untuk mengetahui pengetahuan tentang itu atau lainnya sehingga dapat menghadirkan hati yang lembut juga nantinya akan menjadikan ibadah menjadi lebih baik.

2. Memperbanyak Sholat Sunnat

Agar terbiasa saat berada di Tanah suci, ada baiknya Anda mulai membiasakan diri dan memperbanyak melakukan sholat sunnat. Sholat sunnat seperti sholat sunnat hajat, sholat sunnat taubat dan sholat sunnat tahajud adalah bertujuan untuk membersihkan diri kita dari dosa-dosa lampau yang banyak telah kita lakukan. Sholat sunnat akan membantu kita bermunajat kepadaNya dan memohon keampunan dan taubat diatas perbuatan-perbuatan kita yang lalu dan moga-moga Allah mengampuni kita serta memberi perlindungan agar dipermudahkan perjalanan pergi dan balik mengerjakan ibadah dan memberi keselamatan kepada ahli keluarga yang bakal kita tinggalkan sepanjang perjalanan.

3. Meperbanyak Banyak Bacaan Al-Quran

Selain daripada pahala yang kita perolehi dari membacanya, membaca Al Quran akan sangat bermanfaat karena apabila kita berada ditanah suci selain dari ibadah umrah, pembacaan al-Quran adalah sesuatu yang amat digalakkan dan sekiranya dapat kita mengkhatam al-Quran dalam masa ibadah tersebut adalah menjadi satu kebaikan kepada kita.

4. Lakukan Latihan Fisik

Latihan fisik seperti berjalan kaki sejauh 3 – 4 km, 2 kali seminggu adalah persiapan yang baik untuk membiasakan diri kita yang karena nantinya kita akan berjalan kaki bolak balik  ke Masjid, melakukan Tawaf serta Sa’i (Sa’i dari Safa ke Marwah adalah lebih kurang 420 meter dan yang mengerjakan Saie akan berulang balik sejauh 2,940 meter atau lebih kurang 3 km). Ingatlah latihan ini adalah ikhtiar kita karena yang menentukan kekuatan dan tenaga itu adalah dari-Nya. Latihan ini baiknya dimulai sebelum sebulan keberangkatan.


jannahfirdaus.co.id

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.