Umroh Menurut Madzab Syafi’i

Keutamaan Ibadah Umrah

Ibadah umrah Sebagai ibadah yang menggabungkan semua jenis pengorbanan yaitu dari pengorbanan harta, jiwa, waktu, hingga tenaga, ibadah umrah sudah pasti memiliki banyak fadhilah dan keistimewaan yang besar disisi Allah ta’ala, diantaranya:

1. Umrah dan Pengampunan Dosa Tidak diragukan bahwasanya disetiap rangkaian ibadah umrah terdapat moment-moment yang sangat utama dalam hal mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah ta’ala, sehingga secara umum ibadah umrah merupakan salah satu ibadah yang tidak hanya bertujuan meningkatkan kwalitas iman dan takwa kepada Allah ta’ala, namun juga untuk meningkatkan kwantitas pahala dan menghapus dosa-dosa masa lalu yang pernah dilakukan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Antara umrah satu ke umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain Surga.” (HR Bukhari: 1773 dan Muslim: 437).

2. Umrah dan Doa Yang Mustajab Sebuah ibadah seperti umrah yang sarat dengan makna pengorbanan dan rasa letih, tentunya memiliki berkah tersendiri dalam mustajabnya doa-doa yang dipanjatkan dalam setiap rangkaian amalan pelaksanaannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الحجاج والعمار وفد ال ، إن دعوه أجابهم ، وإن استغفروه غفر لهم

Artinya: “Jamaah haji dan umrah adalah utusan Allah, apabila mereka berdo’a, Allah akan mengabulkannya, dan apabila mereka meminta ampun Allah akan mengampuninya.”(HR Nasaai: 5/113, Ibnu Majah: 2892, Ibnu Hibban: 3692 dan Ibnu Khuzaimah: 2511).

Walaupun hadis ini agak lemah namun kandungan maknanya shahih, sebab haji dan umrah merupakan dua ibadah yang agung, dilaksanakan ditempat yang suci lagi sangat mustajab untuk berdoa yaitu Kota Mekah dan Masjidil Haram.

3. Umrah dan Kemudahan Rezeki Pengorbanan harta, waktu, dan jiwa dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah ternyata mendatangkan berkah tersendiri dalam perihal rezeki dan karunia Allah ta’ala.

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

تابعوا بين الحج والعمر ة ، فإنهما ينفيان الفقر والذنوب مكما ينفي الكير خبث الحديد والذهب والفضة ، وليس للحجة المبرور ة ثواب إل الجنة

Artinya: “Kerjakanlah secara urut antara haji dan umrah, maka keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa, sebagaimana pandai besi menghilangkan kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada pahala haji mabrur selain surga.” (HR Tirmidzi: 810, dan beliau berkata: hadis hasan shahih)

Secara tekstual, keutamaan dalam hadis ini hanya bisa didapatkan dengan menyandingkan dua amalan ini; haji dan umrah dalam waktu berdekatan, namun tidak menutup kemungkinan keutamaan ini juga didapatkan oleh mereka yang melaksanakan ibadah umrah saja, Wallaahu a’lam.

4. Umrah dan Jihadnya Wanita Muslimah Dari Aisyah radhiyallahu’anha:

قلت: يا رسول ال هل على النساء من جهاد ؟ قال: عليهن جهاد ل قتال فيه: الحج والعمر ة

Artinya: “Aku (Aisyah) berkata: Ya Rasulullah, apakah perempuan ada kewajiban berjihad? Beliau menjawab:”Atas mereka jihad yang tidak ada perang di dalamnya…haji dan umrah.” (HR Ibnu Majah: 2901 , dan Ahmad: 25322, dengan sanad shahih).

Hadis ini mengisyaratkan secara jelas bahwa ibadah haji atau umrah bagi seorang muslimah setara dengan keluar berjihad dijalan Allah ta’ala, bahkan apabila ia wafat dalam keadaan haji atau umrahm maka ia terhitung sebagai orang yang mati syahid dijalan Allah ta’ala.

Hal ini disebabkan karena dalam ibadah haji ataupun umrah seorang wanita yang fitrahnya lemah dituntut untuk berjuang melaksanakan amalan yang tidak begitu ringan baginya. Inilah salah satu keutamaan yang Allah istimewakan bagi kaum muslimah.

5. Umrah Ramadhan dan Ibadah Haji Diantara fadhilah umrah yang sering dicari dan dinginkan umat islam adalah umrah pada bulan Ramadhan yang pahalanya menyamai pahala ibadah haji, sebagaimana dalam hadis Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada seorang wanita Anshar:

عمر ة في رمضان تعدل حجة

Artinya: “Umrah pada bulan Ramadhan seperti ibadah haji” (HR Bukhari: 1782 dan Muslim: 1256).

Umrah Terbaik Yogyakarta Bersama Jannah Firdaus 5 pasti umrahnya :

Pasti Travelnya Berijin

Pasti Jadwalnya

Pasti Terbangnya

Pasti Hotelnya

Pasti Visanya

jannahfirdaus.co.id

One thought on “Umroh Menurut Madzab Syafi’i

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.