Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah Lengkap Dan Bacaannya

Tata Cara Umroh Yang Benar Sesuai Sunnah

Ibadah umroh merupakan bagian dari ibadah mahdoh, yaitu ibadah yang sudah ditetapkan syaratnya, rukunnya, tempatnya, sampai waktunya. Seumpama dengan melaksanakan sholat yang dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam, ibadah umroh juga dimulai dengan berihram (niat umroh) dan diakhiri dengan bertahalul (mencukur sebagian rambut).

Tata cara umroh dimulai dengan berihram dari miqat-miqot yang telah ditentukan. Miqat adalah garis start seorang jama’ah yang hendak melakukan ibadah umroh atau haji, dengan kata lain adalah tempat berihram (niat umroh) dan masuknya seseorang kedalam pelaksanaan umroh yang akan dilakukan.

Pada kesempatan kali ini Insyaa Allah kita akan membahas mengenai tata cara umroh lengkap dengan ilustrasi gambar dan do’a do’a ketika melakukan ibadah umroh.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan umroh dengan Harga Hanya Rp.20 Juta Sudah ALL IN klik Paket Umroh Murah 2018 untuk informasi lebih lengkap.
Tata Cara Umroh Dan Bacaannya

1. Dari bandara menuju masjid miqat Dzulhulaifah / Abyar ‘Ali. Kemudian melakukan persiapan sebelum ihram seperti mandi, mengenakan pakaian ihram, berwudlu dan shalat sunnah ihram 2 raka’at. setelah itu membaca niat umroh
2. Setelah mengenakan pakaian ihram dan berniat melaksankan umroh dilarang untuk :

3. Dalam perjalanan menuju Makkah, perbanyaklah berdzikir dengan membaca talbiyah :

4. Setibanya di Masjid Al-Haram, dahulukanlah kaki kanan ketika memasukinya dengan membaca :

5. Melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, posisi Ka’bah berada disebelah kiri. Untuk melihat bacaan doa ketika tawaf klik/sentuh Bacaan Do’a Tawaf Umroh.
6. Sholat 2 rakaat didepan maqam Ibrahim. Rakaat pertama membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kaafiruun. Rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.
7. Beristirahat sejenak dan minum air zam-zam sambil berdo’a
8. Melakukan sa’i antara bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali
9.Tahallul adalah akhir dari pelaksanaan ibadah umroh, ditandai dengan bercukur. Untuk laki-laki lebih baik dicukur sampai gundul, tapi kalaupun tidak sampai gundul tak mengapa. Dan untuk perempuan dicukur alakadarnya
10. Tata cara umroh telah selesai.

Dengan melaksanakan tata cara umroh lengkap diatas, semoga Anda mendapatkan umroh yang mabrur (diterima) dan semoga Allah memberikan kemudahan berupa kesehatan jasmani dan rohani untuk melaksanakan segala yang diperintahkan-Nya dengan lebih maksimal. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Tinggalkan Balasan